بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
Selamat Membaca

Tahapan-Tahapan perkembangan Islam di Indonesia

Bismillah 10:34

Tahapan-Tahapan perkembangan Islam di Indonesia
     Secara umum tahapan perkembangan Islam di Indonesia dari abad ke-13 sampai dengan awal abad ke-20 dapat dikelompokkan menjadi lima fese, yaitu :
a. Tahap pertama, yaitu dimulai pada abad 13 M -15 M. Fase ini merupakan tahapan kepemelukan Islam secara formal. Fase ini yang ditekankan adalah pengenalan dasar-dasar kosmopolitanisasi Islam, ketentuan dasar-dasar syariat dan fiqih.

b. Tahap kedua, yaitu dimulai pada abad 15 M - 16 M. Periode inimerupakan proses Islamisasi kepulauan Melayu dan berbagai pelosok Nusantara. Tradisi intelektualisme mulai terbentuk, seperti penulisan buku-buku agama dengan menggunakan bahasa Melayu. Dalam fase ini pengaru Tasyawuf sangat dominan.

c. Tahap ketiga, yaitu dimulai pada abad 17 M - akhir abad 17 M. Adalah tahapan penyempurnaan pemahaman ajaran Islam dan berkembangnya tradisi intelektual. Pada masa ini kita menyaksikan berkembangnya penulisan sastra-sastra dan buku-buku keagamaan dengan menggunakan bahasa Melayu. Pokok-pokok yang dibahas meliputi : fiqih ibadah, muamalah, fiqih duali (ketatat Negaraan), syariah, ushuluddin, ilmu kalam, Tasyawuf, akhlaq, filsafat, tafsir Al-Qur'an, Al-Hadits, ensiklopedia, tata bahasa (nahwu shorof), dll.

d. Tahap keempat, yaitu mulai abad ke 18 M - 19 M. Periode ini terjadi penekanan (ortodoksi) terhadap syariah. Hal ini mendorong berkembangnya ajaran tarikat. Permurnian ajaran Islam sangat efektif sebagai sarana intergratif atau pemersatu bangsa.

e. Tahap kelima, yaitu dimulai pada awal abad ke-20 M, fase ini dinamakan masa perkembangan (tajdidi). Pada periode ini gerakan keagamaan tumbuh menjadi gerakan kebangsaan.


SEMOGA BERMANFAAT

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Semoga Bermanfaat