بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
Selamat Membaca

TATA CARA MELAKSANAKAN SHALAT IDUL ADHA

Bismillah 09:23


Tata Cara melaksanakan Sholat Idul Adha adalah sebagai berikut :
  1. Imam memimpin pelaksanaan Sholat Idul Adha dengan khusuk, diawali dengan niat yang ikhlas di dalam hati. Jika diucapkan bunyi niatnya adalah :


  2. Pada rakaat pertama sesudah membaca do'a iftitiah bertakbit sambil mengngkat tangan sebanyak tujuh kali. Di sela-sela takbir satu dan lainnya disunnahkan membaca :


  3. Setelah takbir tujuh kali dan membaca tasbih tersebut dianjurkan membaaca surah Al-Fatihah dan membaca salah satu Surah dalam Al-Qur'an. Namun, diutamakan surah Qaf atau surah Al-'A'la.
  4. Pada rakaat kedua, setelah takbir berdiri kemudian membaca takbir lima kali sambil mengangkat tangan dan diantara setiap takbir disunnahkan membaca tasbih. Setelah itu disunnahkan membaca surah Al-Fatihah dan surah-surah pilihan. Surah yang paling diutamakan adalah surah Ar-Qamar atau Surah Al-Ghasiyyah.
  5.  Sholat Idul Fitri ditutup dengan salam. Setelah itu khatib mengumandangkan khutnah dua kali. Khutbah yang pertama dibuka dengan takbir sembilan kali dan khutbah yag kedua dibuka dengan takbir tujuh kali. Ada pula yang melaksanakan khutbah hanya satu kali.

     Itulah tata cara melaksanakan sholat Idul Adha. Semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Semoga Bermanfaat