بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
Selamat Membaca

Masa kedatangan dan perkembangan Islam di Indonesia

Bismillah 08:08

     Menurut para ahli sejarah, masuk dan penyebaran Islam di Indonesia terdapat tiga teori, yaitu : Teori Gujarat, Teori Saudi, dan Teori Cina.

A. Islam masuk wilayah Indonesia dari anak benua India seperti Gujarat, Bengali, dan Malabar. Menurut Snouck Hurgronje, Islam masuk dari daerah Doccon di India. Kesimpulan ini diambil berdasarkan fenomena sosial bahwa ajaran tasawuf yang dipraktikkan oleh orang-orang Muslim di India bagian selatan mirip dengan ajaran Islam di Indonesia.

B. Pendapat yang lain menyatakan islamisasi di Indonesia terjadi tahun 1111 atau abad XII M. Pada saat itu orang-orang Aceh dari Sumatra bagian barat laut memeluk Islam atas ajakan seorang kebangsaan Arab asli, kemudian setelah masuk Islam mereka mendakwahkan islam khususnya di daerah tersebut.

C. Teori yang lain menyatakan bahwa masuknya Islam di Indonesia langsung dari Makkah atau Madinah. Menurut teori ini bahwa Islam masuk ke Indonesia sekitar abad 7 atau 8 M. Atau abad ke-2 H, yaitu pada masa khulafaur Rasyidin. Ekspedisi Islam ke Indonesia dibawa langsung oleh para pedagang dari Arab sejak awal abad Hijriyah atau abad ke-7 M. Menurut sumber literatur Cina pada awal abad ke-2 H telah muncul perkampungan-perkampungan Muslim Arab di pesisir pantai Sumatra. Di perkampungan ini orang-orang Muslim Arab bermukim dan menikah dengan penduduk setempat serta membentuk komunitas-komunitas Muslim. Teori ini adalah yang paling kuat dan diterima para sejarawan masa kini.



Semoga Bermanfaat

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Semoga Bermanfaat