بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
Selamat Membaca

Manfaat Berperilaku Jujur dalam Kehidupan

Bismillah 02:35


     Sikap jujur merupakan sikap terpuji yang tentunya banyak sekali manfaatnya apabila kita bisa membiasakan diri dengan sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari. Memang sulit, tetapi dengan sikap jujur, kita mudah dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Berikut ini beberapa manfaat berperilaku jujur :

1) Dalam menjalani kehidupan sehari-hari tak merasa dibebani. Maksudnya bila kita jujur tentunya tidak ada kebohongan yang harus ditutup-tutupi.

2) Timbul rasa percaya diri. Orang jujur biasanya akan memiliki rasa percaya diri tinggi, karena tidak tersandera dengan ucapan-ucapan bohong yang pernah dilakukan.

3) Bersikap jujur dalam kehidupan masyarakat tentunya akan banyak membawa dampak positif. Misalnya, jika kita jujur dalam hal pemilu pasti tidak akan ada lagi suap-menyuap. Fakta dalam masyarakat, kalau ada pemilihan pemimpin baru, banyak yang melakukan suap agar menenangkan pemilihan. Dengan kejujuran, praktik busuk semacam itu bisa dihilangkan.

4) Sikap jujur dalam keluarga tentunya membuat anggota keluarga tersebut menjadi nyaman, karena antar keluarga dapat berinteraksi tanpa beban dan saling membantu apabila ada masalah dalam satu pihak keluarga.

5) Melaksanakan ajaran yang mulia dari agama dan budaya luhur yang dianut oleh bangsa manapun. Akan dihormati oleh sesama manusia, karena semua orang menghargai kejujuran yang sejati. Seseorang yang memiliki sikap jujur akan berani melawan kemungkaran dan mengajak orang lain berbuat kebaikan.

6) Dengan bersifat jujur, tentunya kita akan memperoleh pahala yang besar dari Allah.Dan pahala itu akan menjadi modal dan bekal kita untuk kebahagiaan hidup di akhirat kelak.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Semoga Bermanfaat