بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
Selamat Membaca

Keutamaan Berperilaku Jujur

Bismillah 02:53


     Nabi Muhammad Saw. menganjurkan umatnya untu selalu jujur karena kejujuran merupakan mukadimah akhlaq mulia yang akan mengarahkan pemiliknya kepada akhlaq tersebut. Kita harus menanamkan kesadaran pada diri kita untuk selalu berperilaku jujur, baik kepada Allah, orang lain maupun diri sendiri. Jika kita sudah bisa membiasakan berperilaku jujur, kita akan mendapatkan hikmah yang luar biasadalam kehidupan sehari-hari.
     Kita harus menyadari dan mengetahui akibat dari kebohongan sehimgga kita bisa menjauhi sifat buruk tersebut. Contoh akibat dari kebohongan adalah hilangnya kepercayaan orang lain terhadap kita, susah mendapatkan teman bahkan tidak mempunyai teman, susah mendapat pekerjaan karena tidak dipercaya. Berperilaku jujur terkadang sangat pahit pada awalnya tetapi percayalah, buah manis akan diperoleh pada akhirnya.
     Perilaku jujur bisa diterapkan dalam berbagi hal dalam kehidupan sehari-hari, baik di sekolah, di rumah, maupun di lingkungan masyarakat di mana kita tinggal. Terdapat beberapa keutamaan berperilaku jujur, Diantaranya adalah sebagai berikut :

   1) Menentramkan Hati

Rasulullah Saw. Bersabda : "Jujur itu merupakan ketentraman hati".

   2) Membawa Berkah

Rasulullah Saw. Bersabda : "Dua orang yang jual-beli itu boleh pilih-pilih selama belum berpisah. Jika dua-duanya jujur dan terus terang, mereka akan diberkahi dalam jual-belinya. Dan jika dua-duanya bohong dan menyembunyikan, hilanglah berkah jual-beli mereka".

   3) Meraih kedudukan yang Syahid

Rasulullah Saw. Bersabda : "Barangsiapa yang meminta syahid kepada Allah dengan sungguh-sungguh (jujur), maka Allah akan menaikkannya ke tempat para syuhada meskipun mati di tempat tidurnya".

   4) Mendapat Keselamatan

Dusta juga dalam hal-hal tertentu diperbolehkan, jika jujur ketika itu bisa menimbulkan kekacauan.

   5) Mendapat Kemudahan dalam Hidup

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Semoga Bermanfaat